Rabu, 18 Mei 2011

MENINGKATKAN KEIMANAN KEPADA MALAIKAT bY : Lytha Dhyria

Iman menurut bahasa artinya percaya dan menurut istilah adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menciptakan malaikat dari nur atau cahaya. Ia selalu taat beribadah, tidak pernah menentang perintah Allah SWT termasuk rukun iman yang kedua.
Rosulullah SAW bersabda:
"Iman itu engkau percaya kepada Allah SWT, malaikat Allah SWT, kitab-kitab Allah SWT, Rosul-Nya, hari akhir dan percaya kepada qodar yang baik dan yang buruk." (HR. Muslim)
Firman Allah SWT:
"Mereka (malaikat) selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya." (Al-Anbiya:20)
Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang paling taat dan malaikat wajib kita imani ada 10 jumlahnya. Mereka semata-mata untuk mengabdi dan melaksanakan tugas yang di perintahkan Allah SWT tidak ada sutupun perintah Allah SWT yang dilewatkan.
Firman Allah SWT:
"Mereka takut kepada Tuhan mereka yang di atas mereka dan melaksanakan apa yang di perintahkan (kepada mereka)." (An-Nahl:50)
Sifat-sifat malaikat yaitu selalu taat kepada-Nya, tidak laki-laki tidak perempuan tapi tidak banci, tidak makan dan tidak tidur dan tidak bernafsu, tidak beranak tidak berbapak tidak beribu, tidak sombong dan selalu bertasbih, dapat menjelma menjadi makhluk lain atas izin Allah SWT.

Malaikat adalah makhluk yang paling taat, mereka tidak pernah mendurhakai Allah SWT dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.
Firman Allah SWT:
"Para malaikat tidak mendurhakai Allah SWT terhadap apa yang di perintahkannya kepada mereka dan selalau mengerjakan apa-apa yang diperintahkan." (At-Tahrim:6)
Perbedaan penciptaan malaikat, jin dan manusia dinyatakan oleh Rosulullah SAW. Sabda Rosulullah SAW:
"Malaikat itu diciptakan dari cahaya, sedangkan jin dari nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang telah diterangkan pada semua (dan tanah)." (HR.Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar