Rabu, 18 Mei 2011

Cerita 8 Malaikat (Karya Tri wahyuni and Nur alifah X5)


Terkisah seorang gadis remaja berusia 14 th yang bernama callisa.ia sekarang duduk dikelas IX SMP. Callista adalah gadis remaja yang riang ,pandai bergaul dan suka membantu teman_temannya dikala mendapat kesulitan. Nah…………sebelum ia lulus sekolah ia ingin sekali mengabadikan kiswahnya yang dialami bersama teman_temannya selama 3 th dialmater tercinta .ia mengabadikan dalam sebuah buku catatan diary “CERITA 8 MALAIKAT”.
Sebentar lagi callisa akan menempuh UN,yang dimana itu dapat diibaratkan penentuan akhir perjuangannya didunia pendidikan di SMP N 1 KUSUMA BHAKTI yang dijalani selama 3 th lamanya. Dimana ia menemukan yang namanya “8 sahabat sejati”.yapz,sahabat yang ada dikala suka atau duka. Arti sahabat yang ga biasa dihitung kaya MATEMATIKA, dan sahabat yang dapat ngertiin perasaan satu sama lain.disini lah awal mulanya terbentuk sebuah Geng yang bernama “ANGEL EIGH”
Diani,Mitha,Silvi,hanufah,caca,Ney,Ve, dan Callista Pastinya. Susah, senang, asem, manis ya kaya Lemon Tea gito?!. Pokoknya ada kesan-kesan tersendiri yang gak bias di ungkapkan dengan kata-kata.
Banyak yang bertanya-tanya kenapa Genk kami dinamai “Angel Eigh” tapi, jangan salah Genk Callista bukan Genk yang anarkis loh, Arti sendiri dari “Angel Eight” adalah 8 Malaikat yang mempunyai Visi dan misi yang baik. Rintangan yang selalu menghadang, sehingga membuat Genk Callista selalu saja hampir bubar. Tapi bias teratasi karena solidaritas dan kekompakan dari anggota-anggotanya.
Disini yang terkenal sama kepinterannya namanya angel, caca, diani, dan hanufah. Waduh…. Jangan sampe Tanya-tanya tentang cowo/ pacar
Sama Sama mereka-mereka deh;……karena mereka ini sukanya megang buku tiap hari. Maklum deh anak pintar gitu loch””””” gak heran mereka dapat rengking terus dikelas..kalau Angel silvi disini karakternya cerewet,tukang ngasih nasihat,sensitive banget pula orangnya!!!tapi itu ia lakuin demi kebaikan kita smua lowh!!!!
Silvi juga anaknya tomboy abiz,tapi seru koq. Terus,yang terakhir Angel callista,nay,mitha.dan ve. Karakternya macem-macem, mereka gaul, cerewet,dll.
Karakter mita disini jauh berbda sama Angel-angel yang lainnya. Dia tuh anak paling nyebelin,suka ngatur,marah2 g jelas gt????? Tapi kadang-kadang sih ?????!!!!!
Nah,itulah brbagai macam karakter para angel,beraneka ragam. Tapi dengan keanekaragaman itulah yang membuat callista cs jadi saling mengerti dan memahami satu sama lain. Mereka juga saling mengisi kekosongan. Itulah yang menyebabkan mereka slalu kompak terus kalau diinget2 dari pengalaman yang dulu yang namanya tangisan,kesedihan,kebahagiaan,asem,maniz dan masih banyak lagi deh,yangf callista alami bersama. Kalau mereka lagi ada masalah, mereka selalu memecahkan nya bersama-sama. Itu lach fungsionya sahabat. Sahabat yang ada saat kita suka maupun duka, iti lah yang namannya sahabat sejati. Maka dari itu kita harus menjaga yang namannya sahabat. Jangan sampai hilang, karena susah cari penggantinya. Coba saja sendiri kalau kamu ngga percaya?? Dari pengalaman callista ini kita dapat merasakan betapa indahnya persahabatan. Kita juga harus menerima keadaan sahabat kita apa adannya. Kita juga harus menerima sifat atau karakter mereka masing-masing maka dari itu lebih baik kita kehilangan cowo yang kita cintai dari pada harus kehilangan sahabat sejati…

MENINGKATKAN KEIMANAN KEPADA MALAIKAT bY : Lytha Dhyria

Iman menurut bahasa artinya percaya dan menurut istilah adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menciptakan malaikat dari nur atau cahaya. Ia selalu taat beribadah, tidak pernah menentang perintah Allah SWT termasuk rukun iman yang kedua.
Rosulullah SAW bersabda:
"Iman itu engkau percaya kepada Allah SWT, malaikat Allah SWT, kitab-kitab Allah SWT, Rosul-Nya, hari akhir dan percaya kepada qodar yang baik dan yang buruk." (HR. Muslim)
Firman Allah SWT:
"Mereka (malaikat) selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya." (Al-Anbiya:20)
Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang paling taat dan malaikat wajib kita imani ada 10 jumlahnya. Mereka semata-mata untuk mengabdi dan melaksanakan tugas yang di perintahkan Allah SWT tidak ada sutupun perintah Allah SWT yang dilewatkan.
Firman Allah SWT:
"Mereka takut kepada Tuhan mereka yang di atas mereka dan melaksanakan apa yang di perintahkan (kepada mereka)." (An-Nahl:50)
Sifat-sifat malaikat yaitu selalu taat kepada-Nya, tidak laki-laki tidak perempuan tapi tidak banci, tidak makan dan tidak tidur dan tidak bernafsu, tidak beranak tidak berbapak tidak beribu, tidak sombong dan selalu bertasbih, dapat menjelma menjadi makhluk lain atas izin Allah SWT.

Malaikat adalah makhluk yang paling taat, mereka tidak pernah mendurhakai Allah SWT dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.
Firman Allah SWT:
"Para malaikat tidak mendurhakai Allah SWT terhadap apa yang di perintahkannya kepada mereka dan selalau mengerjakan apa-apa yang diperintahkan." (At-Tahrim:6)
Perbedaan penciptaan malaikat, jin dan manusia dinyatakan oleh Rosulullah SAW. Sabda Rosulullah SAW:
"Malaikat itu diciptakan dari cahaya, sedangkan jin dari nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang telah diterangkan pada semua (dan tanah)." (HR.Muslim)

BUKAN MASALAH

|


Imel menghempaskan tubuhnya dengan lemas ke ranjang . Ia baru saja membaca berita tentang buku cerita serial faforitnya. “ Padahal aku sudah penasaran sekali!” gumamnya gemas.
“ Ada apa?” tegur Rama, kakanya.
“ Buku cerita yang ku tunggu-tunggu baru akan terbit tahun depan,” tuturnya kesal. “ Padahal uang tabungan ku sudah cukup untuk beli sekarang”
Rama tergelak. Diambilnya majalah adiknya, dan di bacanya berita di dalamnya sekilas. “ Lo, buku ini sudah ada, kok, di toko buku. Aku melihatnya kemarin” katanya heran.
“Bohong!” tukas Imel tak percaya. “ Majalah ini tidak mungkin salah, kak!”
Tetapi Rama yakin ia tidak salah melihat. Ia lalu mengajak Imel ke toko buku untuk membuktikannya sendiri. Imel pun berharap informasi di majalah itu keliru. Hatinya berdebar-debar saat mencari buku itu di rak buku. Betapa riang hatinya ketika benar-benar menemukan buku seri terbarunya itu.
“ Benarkan kataku?” Rama membusungkan dada.
Imel mengangguk-angguk senang. Di bukanya buku tebal itu untuk mengintip cerita di halaman pertama. Tapi dahi Imel berkerut.
“Kenapa?” Tanya Rama heran. Ia ikut memeriksa buku itu. “ Oh,,, ini buku aslinya yang berbahasa Inggris, “ ucapnya seolah tak ada masalah.
“Kak Rama, aku mau yang Bahasa Indonesia!” Imel mulai merajuk.
Rama menanyakan hal itu pada bagian informasi toko. Ternyata di majalah Imel benar. Edisi terjemahan baru akan terbit tahun depan.
“ Tidak usah kecewa,” hibur Rama sembari menyodorkan buku tebal lain berjudul “ Inggris-Indonesia kepada adiknya. Kamus.
Imel membeliak. “ Gak mau! Masa aku harus mengartikan sendiri buku setebal delapan ratus halaman lebih ini!” tolaknya kesal.
“ Sebaiknya kamu juga belajar Bahasa Inggris, “ Ujar Rama.
Imel merengut. Ia tak suka Bahasa Inggris. Tetapi, di rumah, Mama dan Papah menyambut gembira usul Rama. Imel malah di suruh ikiut kursus Bahasa Inggris. Imel menolak, dan siap-siap di marahin Mamah dan Papah. Namun ia keliru. Mama dan Papah tidak marah. Papahnya malah membelikannya sebuah buku cerita. Imel gembira sekali. Tapi… buku itu ternyata berbahasa Inggris.
“ Biar Rama yang membacakan dan menerjemahkannya ntuk mu, “ kata Papah ketika memberikan buku itu.
Imel tersenyum lebar ide yang begini baru ia suka.
Akan tetapi, baru beberapa menit Rama membaca, Imel sudah protes. Kakaknya itu membaca dengan lambat, Bahasa Inggris, lalu Indonesia. Begitu seterusnya, membuat Imel buinggung.
“ Kalau begitu, kamu baca sendiri saja, “ kata Rama jengkel. “ Pilih mana, mau tahu ceritanya sekarang, atau baca sendiri tahun depan???”
“ Membaca sendiri sekarang dan tahu artinya!” jawab Imel
Rama menggeleng-geleng kepala dengan gemas.
Imel akhirnya membawa buku itu ke rumah Rena, sahabatnya.
“ Ini buku mahal, kan?” serunya bersemangat.
Rena juga sudah membaca serialitu sebelumnya.
“Aku boleh pinjam lagi, kan???”
“ Aku sendiri belum membaca.”
Rena tercengang. “ Lo, kenapa???Kamu penasaran sekali, kan, ingin tahu ceritanya!!”
“ Tulisannya bahasa Inggris, sih!!”
“Lalu kenapa?? Kita kan sudah belajar di sekolah. Bahasa bukan masalah, Imel..” kata Rena. “ Nanti cerita itu keburu basi kalau kamu menunggu tahun depan.”
“ Basi?”
“ Iya,, Orang lain sudah tahu ceritanya, sementara kamu belum,” jelas Rena.
Imel tersentak. Ia tak mau ketinggalan. Akhirnya Imel mau ikut kursus. Dan ternyata sangat menyenangkan. Sebentar saja Imel sudah bisa membaca buku ceritanya dengan bantuan kamus. Walaupun masih sangat lambatr, tetapi lebih menyenangkan kalau membaca sendiri. Bahkan ia mulai melirik buku cerita berbahasa Inggris yang lain.
Karya Paramitha Wulandari
XI-IPS-2

SEJARAH BERDIRINYA MAN SUMPIUH



Visi MAN Sumpiuh adalah

“Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam prestasi, berakhlakul karimah, dan berguna bagi sesama dengan dilandasi iman dan taqwa”

MISI MAN Sumpiuh
1.    Meningkatkan prestasi akademik lulusan
2.    Membentuk peserta didik yang beraklakul karimah dan berbudi pekerti luhur.
3.    Menumbuhkan minat baca
4.    Meningkatkan kemampuan berbahasa Arab dan berbahasa Inggris
5.    Meningkatkan wawasan kemandirian
6.    Meningkatkan prestasi ekstra kurikuler.

TUJUAN MAN Sumpiuh
1.    Mewujudkan siswa yang berprestasi
2.    Mewujudkan siswa yang  beraklakul karimah dan berilmu.
3.    Mewujudkan siswa yang gemar membaca
4.    Mewujudkan siswa yang terampil berbahasa Arab dan Inggris
5.    Mewujudkan kepribadian siswa yang mandiri
6.    Mewujudkan siswa yang berprestasi dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh berlokasi di Jalan Raya Sumpiuh (Purwokerto Yogyakarta) RT 04/03 Kelurahan Kebokura, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah.
Letak gedung MAN Sumpiuh ini dikelilingi gedung SD, Gedung Pramuka, sawah, masyarakat, lapangan sepak bola dan jalan tembus serta Jalan Raya Sumpiuh (Purwokerto Yogyakarta).
Pada tahun 1968 Yayasan Pendidikan Ma’arif NU Sumpiuh dengan ketua KH. Munawar Saleh dengan anggota pengurus : KH. Hasbani Hasan, H. Aboe Widjaya, KH. Asngadi Asnawi, KH. Amanudin Azis, KH. Ahyadi, dan lain-lain,  mendirikan “PENDIDIKAN GURU AGAMA” (PGA) 4 tahun Sumpiuh dengan Kepala Madrasah Bapak Muhammad Baedah, BSc, beliau menjabat Kepala Madrasah sampai tahun 1972, yang berlokasi di depan Masjid Kauman Sumpiuh.
Selanjutnya pada tahun 1972 PGA 4 tahun berubah nama menjadi PGA 6 tahun, dengan Kepala Sekolah Bapak Drs. Ramelan. Pada tahun 1980 PGA 6 tahun Ma’arif Sumpiuh berubah nama menjadi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Islamiyah Sumpiuh, dengan Kepala Madrasah Aliyah Islamiyah Sumpiuh dijabat oleh Bpk Idrus. Memasuki tahun ajaran 1982/1983, lokasi Madrasah Tsanawiyah pindah ke Desa Kradenan Sumpiuh.
Pada awal Tahun ajaran 1982/1983 Pengurus MA Islamiyah bermusyawarah dengan pengurus MWC NU Sumpiuh dan Ma’arif NU yang memutuskan bahwa MA Islamiyah Sumpiuh diserahkan kepada MAN Purwokerto dengan nama MAN Purwokerto Filial di Sumpiuh dengan jumlah siswa 55 anak, dengan kepala R. Sugeng BA yang ditunjuk oleh Kepala MAN Purwokerto. Sedangkan kelas 2 dan 3 Madrasah Aliyah Islamiyah dengan kepalai Bpk Drs. Saikun, S.
Pada Tahun Ajaran 1984/1985 MAN Purwokerto Filial di Sumpiuh dengan Kepala Madrasah Bapak R. Sugeng, BA, berkembang jumlah siswanya menjadi 140 anak yang terdiri dari 4 kelas. Karena keterbatasan kelas maka yang satu kelas menempati Kantor KUA Kecamatan Sumpiuh yang masih satu lokasi di depan Masjid Kauman.
Kemudian memasuki Tahun Ajaran 1985/1986 Kepala MAN Purwokerto Filial Sumpiuh diganti oleh Bapak Drs. Saikun. Pada saat itu MAN Sumpiuh masih berlokasi di gedung bekas PGA 6 tahun Sumpiuh milik Pengurus.
Pada tahun 1986 Kepala sekolah Drs. Saikun bersama Ketua BP3 Bapak H. Aboe Widjaya bernegosiasi dengan Bupati Banyumas di Purwokerto untuk mohon bantuan tanah Pemda yang berada di wilayah Sumpiuh, namun gagal. Sehingga kemudian Kepala Sekolah secara pribadi membeli tanah milik H. Sardi seluas 2.800 m2, dengan harga Rp. 8.000.000,- (delapan juta rupiah) diserahkan kepada BP3 untuk dibangun gedung dan dibayar secara diangsur sesuai dengan kemampuan sekolah. Tanah tersebut berlokasi di Kelurahan Kebokura Kecamatan Sumpiuh.
  Pada awal tahun 1987 di atas tanah tersebut mulai dibangun gedung sebanyak 4 lokal kelas, 1 lokal untuk ruang guru, TU dan Kepala Sekolah, dengan biaya dari BP 3 dan pinjaman kepala Madrasah secara pribadi dengan total anggaran Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah). Pada tahun 1988 mulai menempati 4 lokal kelas baru tersebut, sedangkan 2 kelas masih menempati gedung Yayasan Nurul Islam yang berada di depan Masjid Kauman Sumpiuh.
Memasuki tahun pelajaran 1989 MAN Filial Sumpiuh membangun lagi 3 lokal kelas, dengan tambahan bangunan tersebut seluruh siswa menempati lokal sekolah di Kelurahan Kebokura Sumpiuh sampai sekarang.
Pada tahun 1994 berdasarkan SK Menteri Agama Nomor 244 tahun 1993 tertanggal 25 Oktober 1993, yang menyatakan bahwa MAN Purwokerto Filial Sumpiuh berubah nama menjadi MAN Sumpiuh penuh (berdiri sendiri), lepas dari ikatan Filial MAN Purwokerto, dengan jumlah siswa 180 anak dan guru dinas 12 orang.
Pada tanggal 19 Januari 1994 MAN Sumpiuh diresmikan oleh Bapak Bupati Kepala Daerah Tk. II Banyumas Bapak Joko Sudantoko dengan dihadiri Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah Bapak Drs. Ali Muachor. Sehingga tanggal 19 Januari dijadikan hari jadi MAN Sumpiuh.
Kemudian pada tanggal 19 April 1994, Kepala Kantor Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah melantik Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumpiuh, Bapak Drs. Saikun. Beliau menjabat Kepala MAN Sumpiuh sampai tanggal 31 Oktober 2004, selanjutnya Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh dipimpin oleh Pelaksana Tugas Kepala Drs. H. Daliman, M.Pd. yang merupakan kepala MAN Purwokerto 1 sampai tanggal 30 Juni 2005. Tanggal 1 Juli 2005 sampai tanggal 12 September 2007 Kepala MAN Sumpiuh dijabat oleh Bapak Drs. Mohamad Alwi, M.PdI. Selanjutnya sejak tanggal 13 September 2007 sampai dengan 4 Januari 2010 Kepala Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh dijabat oleh Bapak Drs. H. Mahmurroji, M.Pd. Sejak Tanggal 5 Januari 2010 sampai dengan sekarang kepala madrasah di jabat oleh Bpk Drs. H. Muslimin Wonoto, M.Pd.I yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor Kw.11.1/2/KP.07.6/0002/2010 tanggal 5 Januari 2010.
Sejak penegerian sampai saat ini, perkembangan fisik atau sarana dan prasarana sangat pesat. Saat penegerian hanya punya 6 ruang belajar dan 1 ruang kantor guru dan karyawan, sekarang telah menjadi 17 ruang belajar, 1 ruang kepala, 1 ruang kantor Tata Usaha, 2 ruang guru, 2 ruang laboratorium, 1 ruang keterampilan dan 1 ruang perpustakaan. Satu ruang OSIS dan satu ruang PMR. Perkembangan jumlah siswa juga sangat baik, jumlah siswa terbanyak mencapai 741 siswa. Lulusan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumpiuh setiap tahunnya selalu ada yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta. Berdasarkan penilaian dari Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah, maka pada tanggal 11 November 2009 Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh ditetapkan sebagai Madrasah Terakreditasi A.
Perkembangan karir guru dan pegawai pada Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh juga mengalami kemajuan dengan diangkatnya 4 orang guru menjadi kepala MTs Negeri, Pengawas dan Kasi Mapenda. Ketiga orang guru tersebut adalah : 1) M. Yatiman, S.Pd. diangkat menjadi Kepala MTs Negeri Kaleng Kabupaten Kebumen; 2) Drs. H. Imam Hidayat diangkat menjadi Kasi Mapenda Kantor Departemen Agama Kabupaten Banyumas, 3) Drs. H. Dul Basyar, M.PdI. diangkat menjadi Pengawas pada Kantor Departemen Agama Kabupaten Banyumas, 4) H. Toha Machfudi, S.Pd. diangkat menjadi Kepala MTs Negeri Gombong Kabupaten Kebumen.
Demikian sejarah singkat berdirinya Madrasah Aliyah Negeri Sumpiuh, mulai dari pendidikan Madrasah swasta menjadi Madrasah Aliyah Negeri Purwokerto Filial di Sumpiuh selama 10 tahun dan akhirnya menjadi MAN Sumpiuh yang saat ini sudah berusia 17 tahun.  
                                                         
Sumpiuh, 20 Januari 2011
                                                                   Kepala MAN Sumpiuh


                                                                    Drs. H. Muslimin Winoto, M.Pd.I
                                                                   NIP. 196709281994031004


SABAR BAGI ORANG MUSLIM kary@ : Linatussofiyanti X-4




Dalam islam ada beberapa akhlak terpuji, diantara akhlak-akhak tersebut adalah sabar. Sabar dapat diartikan sebagai tahan menderita untuk menghadapi yang tidak disenangi dengan penuh ridha dan menyerahkan diri kepada Alloh SWT. Secara singkat sabar dapat diartikan sebagai kemampuan menahan diri dikala ada cobaan atau godaan untuk tidak marah atau tidak pasrah.

Seorang yang muslim bila dia mengalami suatu keadaan yang baginya tidak menyenangkan dia akan tetap tenang dan akan selalu ingat Alloh SWT dan bila dia menderita karena terkena musibah dia tidak akan putus asa, dialah yang dinamakan orang yang sabar.

Banyak orang yang sabar mengalami kesenangan, contohnya seperti saat kita menjalankan ibadah puasa, pada saat menjalankan ibadah, selalu menahan hawa nafsu, menahan makan dan minum dan pada saat berbuka akan merasakan kenikmatan yang luar biasa karena bersyukur kepada Alloh SWT. Ini merupakan contoh sabar dalam menghadapi ibadah.

Adapun contoh sabar dalam meninggakan maksiat, yaitu Bila seseorang dia sedang dimabuk asmara pasti apa saja yang membuat dia senang akan dilakukan, baik itu perbuatan terpuji atau tercela. Sebagai seorang muslim yang baik ada kalanya tidak boleh melakukan perbuatan tercela seperti halnya berbuat maksiat. Bila seseorang pacaran dan melakukan hal-hal yang maksiat, dia tidak akan bahagia hidup didunia, banyak bagi mereka yang seperti itu. Namun, sebaliknya bila dia sabar dalam meninggalkan perbuatan yang hina itu, terasa hidupnya lebih bahagia. Maka itu sebagai pemuda dan pemudi muslim yang memiliki jiwa sabar ada kalanya mampu meninggalkan perbuatan maksiat.

Pacaran dengan melakukan perbuatan maksiat akan memndapatkan dosa dari Alloh SWT. Selain itu, bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka Siapakah yang akal menyesal? Tentunya diri sendiri, bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi orang yang ada disekitarnya pun akan merasa dirugikan. Selain itu dia juga bukan termasuk orang yang sabar dalam meninggalkan perbuatan maksiat.

Yang terakhir adalah contoh orang yang sabar dalam menghadapi musibah adalah pada saat terjadi gempa dan tsunami di Aceh banyak saudara kita yang meninggal dan luka parah, mungkin bagi mereka yang tidak mampu berserah diri dan bersabar kepada Alloh SWT dia akan mengalami stres yang cukup berat bahkan dia bisa gila, tetapi bagi mereka yang mampu berserah diri dan bersabar dia akan mampu bertahan hidup sampai sekarang dan mampu menjalani kegiatannya seperti sebelum terjadi tsunami yang memporak-porandakan kota mereka. Selain contoh tersebut masih banyak contoh yang lain seperti halnya mampu bersabar pada saat kita tidak lulus ujian. Mungkin hal itu membuat kita kecewa tetapi bila kita menghadapi hal itu sebagai suatu keberhasilan yang tertunda maka hati dan jiwa akan merasa tenang. Itu termasuk ciri-ciri orang sabar.

Adapun Dalil yang menerangkan tentang sabar yang mempunyai arti sebagai berikut:
“ sesungguhnya hanya orang-orang yang sabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. (Qs. Az-zumar : 10)
Sudah jelas pula diterangkan pada ayat diatas bagi mereka yang berbuat sabar akan dilimpahkan pahala baginya. Dan bagi mereka yang berbuat sabar akan dijadikan pemimpin yang mampu memberi petunjuk dengan perintah Alloh SWT, seperti dijelaskan pada Qs. As-sajdah : 24 yang artinya sebagai berikut:
“ dan diantara mereka itu kami jadikan pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah kami, ketika mereka sabar dan adalah meyakini ayat-ayat kami.

A. HUKUM DAN HUKUM ADAT


1. Pengertian
Menurut Dereme Frank mengatakan hukum adalah keputusan hakim atau ramalan akan keputusan hakim kelak. Stameler mengajarkan bahwa hukum adalah suatu kehendak mengatakan hukum adalah suatu karya masyarakat tujuannya menyelenggarakan tata yang adil dan sejahtera.
 
2. Batasan Makna Hukum Adat
Hukum dan hukum adat mempunyai arti yang sama.batasan makna hukum adat dipersoalkan lagi oleh makna hukum adat itu telah berkembang sesuai dengan pemahaman masing-masing.
Penggeseran makna hukum adatitu tampak pada pemakaian istilah dan unsur-unsur serta pengertian hukum adat yang diberikan oleh para sarjana.
a. Unsur-unsur hukum adat
Unsur-unsur hukum adat dalam istilah Adatrecht:
1). Tidak tertulis
2). Indonesia dan Timur Asia
3). Perbedaan lokal yang tebal
4). Renapan kesusilaan
5). Diluar perundang-undangan barat.
Penggunaan istilah Adatrecht dalam tata hukum kolonial itu
berlangsung terus sampai dengan lahirnya UUPA (UU No. 5 tahun 1960), setelah lahir UUPA unsur hukum adat menjadi 2 (dua ) yaitu tidak tertulis dan ranapan kesusilaan.
b. Proses Pembentukan Hukum Adat
Manusia adalah mahluk sosial. Dalam memenuhi kebutuhan
dasar hampir selalu berhubungan satu sama lain. Dalam pergaulan sesamanya terhadap patokan-patokan yang merupakan struktur kaidah untuk tetap mempertahankan hidup secara damai. Struktur kaidah itu menjelma dalam pola tingkah laku.
c. Sumber Pengenal Hukum Adat
Welbron adalah sumber hukum adat dalam arti darimana
hukum adat itu timbul.kenbron adalah sumber hukum (adat) dalam arti dimana hukum(adat) dapat diketahui atau ditemukan.

3. Ciri-Ciri Hukum Adat
Ciri-ciri hukum adat adalah sebagai berikut:
a. Tidak tertulis dan kalau punada yang tertulis tidak dibuat oleh badan pembentuk undang-undang(legislatif)
b. Isinya bersifat:Religiomagis dan Komunal
c. Kontan
d. Konkret

4. Hukum dan Kebudayaan
Hukum adalah merupakan karya masyarakat. Karya masyarakat yang disebut hukum merupakan pencarian pikiran dan perasaan hukum dari suatu kelompok masyarakat tertentu sebagai suatu sistem.
Sebagai karya masyarakat hukum merupakan salah satu aspek kebudayaan, karena kebudayaan itu sendiri adalah karya, cipta dan karsa manusia yang hidup bersama. Sebab itu bushar muham mad mengatakan : ”Hukum yang terdapat dalam tiap manusia, betapa sederhana dan kecilpun masyarakat itu, menjadi cerminya”

5. Sistem Hukum Adat
Sistem hukum adat merupakan sistem hukum khas, yang bersifat religiomagiskomun, kontant, dan konkret. Apabila sistem hukum adat diperbandingkan dengan sistem hukum barat maka akan tampak perbedaan pokok sebagai berikut:

a. SistemHukum Barat
  1. Menjunjung tinggi nilai kondifikasi
  2. Memuat peraturan yang kasuistis artinya merinci
  3. Hakim terikat penetapan darikodifikasi.
  4. Mengenal benda kebendaan,yaitu hak-hak yang berlaku terhadap setiap orang dan hak-hak perorangan yaitu hak-hak atas suatu objek yang hanya berlaku terhadap seseorang tertentu saja.
  5. Terdapat pembagian hukum dalam hukum privat dan hukum publik.
  6. Dikenal perbedaan benda dalam benda tetap dan benda bergerak
  7. Perlu adanya sanski sebagai jaminan terlaksananya penertipan.
 b. Sistem Hukum Adat
  1. Tidak menghendaki kodifikasi
  2. Menyadarkanpada asas-asas hukum saja artinya hanya mengatur dalam garis besar saja.
  3. Karena tidak ada penetapan yang prae existence maka hakim diberi kebebasan leluasa dalam       mewujudkan  keadilan yang hidup dalam masryarakat karena hakimnya aktif.
  4. Hak-hak kebendaan dan perorangan seperti itu tidak dikenal dalam hukum adat.
  5. Tidak dikenal pembagian seperti itu
  6. Perbedaan benda seperti itu tidak dikenal dalam hukum adat
  7. Dalam hukum adat tidak ada ketentuan yang harus disertai syarat yang menjamin terlaksananya ketertiban dengan jalan mempergunakan sanksi.

6. Dasar Berlakunya Hukum Adat.
a. Dasar yuridis dahulu dan sekarang
b. Dasar berlaku sosiologis
c. Dasar berlaku filosofis

B. STRUKTUR TRADISIONAL MASYARAKAT HUKUM ADAT
1. Struktur Masyarakat Hukum Adat
Struktur masyarakat matrilineal
Struktur masyarakat patrilineal
Stuktur masyarakat patrilineal beralih-alih
Stuktur masyarakat bilateral/parental

2. Organisasi Masyarakat Hukum Adat
Persekutuan hukum Sistem demokrasi berdasarkan musyawarah mufakat
Penggantian kepala persekutuan
Bentuk-bentuk persekutuan hukum
Bentuk-bentuk persekutuan terkecil dan sistem pemerintahannya

C. HUBUNGAN INDIVIDU DAN MASYARAKAT DALAM HUKUM ADAT
Djojodigoeno membedakan hubungan individu dan masyarakat kepada dua jenis, yaitu paguyuban dan patembayan. Paguyuban adalah masyarakat yang bersifat komunal (kebersamman). Patembayan adalah masyararkat bersifat individual.
Hukum adat sebagai hukum yang mengatur masyarakat berciri
komunal yang pokok diberi perlindungan oleh hukum adalah kepentingan
masyarakat.sedangkan kepentingan perorangan (individu) tidak mendapatkan
tekanan.individu dalam pandangan hukum adat tidak terlepas dari masyarakat. Menurut hukum adat masyarakatlah yang kuat kuasa menentukan segalah sesuatu dan menentukan arah kepada semua tindak tanduk individu.hukum itu adalah hak-hak yang bersifat kemasyarakatan dalam arti pemberian hak individu tidak akan meniadakan kepentingan umum dari hak tersebut.

D. HUKUM ADAT DAN ILMU LAIN
1. Hukum Adat Sebagai Salah Satu Tipe Hukum
Apabila diperhatikan secara teliti,hukum nasional yang berbeda dari berbagai negara itu ciri, sistem asal-usul hukum itu, sehingga pada saat itu menurut ilmu pengetahuan perbandingan hukum dapat dikelompokan kedalam kelompok-kelompok yang menunjukan tipe itu tersendiri berbeda dengan kelompok lain.

2. Hukum Adat dan Hukum Kebiasaan
Hukum adat (dalamartisempit) yaitu hukum yang berasal dari adat istiadat, merupakan norma-norma kemasyarakatan yang sejak dahulu ada dalam suatu masyarakat untuk mengatur masyarakat itu.
Hukum kebiasanan adalah norma-norma yang berasal dari kebiasaan,yaitu perbuatan-perbuatanyangdilakukan secara tetap dan terus menerus dan penyimpangan dari cara itu dianggap tidak biasa dan dianggap bertentangan dengan suatu kewajiban hukum yang timbul karena kebiasaan dilakukan secara tetap dan terus menerus itu.
Ahmad Sarno, 10 Februari jam 15:22 

KUMPULAN PUISI KI SRI BUDIMAN

|


                 
                 GORESAN PENA BUAT
                    IBUKU TERSAYANG
Kesepian dalam sebuah kasih sayang
Terus luruskan………
Belalian lembut ……….
Nasihat sayang ………


Terus terngiang disaat aku jauh darimu
Berkali kucoba untuk selalu mengingatmu
Dalam kedamaian dunia…….

Pada saat itu
Kuserahkan jiwa raga kepada Sang Pencipta……….
Untuk mendapatkan
Setetes siraman dalam keringnya
Samudra kenikmatan

Ibu ……….
Terbayang wajahmu………
Disetiap nafasku
Tuk selalu kutanamkan dalam jambangan hati…

Agar selalu terbasahi oleh ketulusan sayangmu
Disaat hujan maupun kemarau
Selalu dekat dalam kebahagian sejati
Mencari ridhlo Alloh


PERJALANANKU BEGITU PANJANG
Aku coba bercermin pada tingkah lakuku
Untuk dapat kutelusuri dosa-dosaku
Apa mungkin orang mau bersapa padaku
Dalam kedukaan yang dalam

Terlalu kotorkah diriku hingga aku tersingkir
Seakan amis darah keluar dari nafasku
Bau bangkai keluar dari pori-poriku
Tidak ada orang yang mau berteman denganku

Aku coba untuk bergaul dan mengerti
Hanya tetesan air mata
Yang bisa menjawab
Kedukaanku

Kepada Sang Kholik diriku mengadu
Untuk diberi kesabaran
Dan dijauhkan penyakit-penyakit batin.


ASA YANG HILANG
Manusia tetap manusia
Yang terselimuti semua sifat, khayalan
Dan kemunafikan……….
Aku !!!!!?
………manusia yang ingin menyelimuti
Sifat manusia-manusia……….
Tiada keindahan tanpa kemunafikan
Tiada kasih saying tanpa kebencian
Dan tiada cinta tanpa pengorbanan

Ya Alloh !!!
Aku ingin bercinta dengan-Mu
Sepanjang hari ……….
Aku ingin Kau membalas cintaku

Kita mencoba merajut benang kasih
Kenikmatan abadi tanpa terselimuti
Sifat manusia ……….

98 @khir.


KEBISUAN ROH
Dalam keheningan malam
Terselimuti oleh surya Illahi
Terdengar serangga tertawa
Dan bintang-bintang bertaburan ………

Tersirat kegelisahan seonggok nyawa
Dalam tamaramnya dunia……….
Kedamaian seakan-akan menusuk tulang-tulang kehidupan
Tiada kata dan kalimat untuk ditata
Pada bentuk kalimat syukur ………..

Berbaju kasih dan kejujuran
Membelah cakrawala kebencian untuk menuju
Kesejatian roh dalam menggapai kekekalan
Pada pangkuan-Nya

Pujian nyanyian berkumandang disela jagad
Antara sebutir pasir pada komunitas gurun
Tersistem pada keratin-keratan lem alam……
Untuk selalu tertancap pada setiap
Sanubari suci dan damai…….

99 @w@l


          SENDIRI
Berjalan dalam kesendirian
Tanpa teman
Dan sahabat

Walau dalam gelapnya malam
Berteman hanya dengan laba-laba
Sang penguasa kegelapan
Selalu tertelan dalam baying-bayang



                  TANGAN KEKASIH-KEKASIH-MU
Gemercik hembusan malaikat
Menerpa wajah-Mu wahai Nur Sang Cahaya
Kedamaian….
Kesejukan hati dan sandi-sandi merasuk
Dalam aliran darah-Mu

Tatkala kekasih-Mu Khidir mengajak
Berjalan di lautan dosa dan samudra air mata
Tuk mengharapkan elusan tangan kekasih-kekasih-Mu
Dalam keheningan pagi memasuki…….. fajar
Rengkuhan tangan dan para kekasih-kekasih-Mu
Membuatku enggan melepaskan Asma-Mu…..

Sujud syukur……
Selalu kucoba untuk memahami
Kekuatan-Mu dalam diriku
………. Secara pelan, halus, pasti ku memohon
Jangan hilangkan kekuatan-Mu dalam diriku…….
Amin



                      SEBUAH PERJALANAN
Rangkaian rahmat tersusun oleh tangan-tangan-Mu
Merasuk dalam aliran darah setiap insane
Tertelungkup dalam sebuah kegelapan
……… Cahaya Illahi
Untuk menyibak kegelapan dalam mimpi
Bersama Khaidir sahabat para insan yang berdzikir
Memasuki alam tanpa pandang
Didalam perahu sampan bersama
Sang Sunan……
Untuk menuju samudra kedamaian
Diriku disiram……..
Diriku terbuang
Dirikupun melayang……….
Sembari menata hakikat sembahyang
Untuk bersyukur dan bersabar
Ku ucapkan Alhamdulillah………
Wahai Pencipta Sembahyang


              LELAKU
Dalam keremangan malam
Ku coba menuliskan rangkain kata
Dengan diiringi tetesan embun yang berdzikir

Terbayang tingkah laku anak manusia
Dalam menyeberangi derasnya arus………
Tergopoh mengejar titik cahaya Illahi
Dengan tertaih

Membutuhkan kekuasaan Maha
Dalam desahan nafas-Nya
Tanpa harus berkata

TIPS MENGOBATI PATAH HATI

|

PATAH HATI ? why should be afraid
Seneng suka duka pernah kita jalani disaat kita pacaran, dan saat putus cinta yang ada Cuma ngeluh , nangis, patah hati , ga berani hadapin hidup, patah hati mungkin akibat dari kita suka berlebihan kepada seseorang dan ahirnya kitapun terpuruk , dalam artikel ini yang penulis buat , penulis pengin kamu-kamu sekailan(yang sedang patah hatu) tu bangun , wake up wake up!

Zaman sekarang mungkin putus cinta tu hal yang paling nakutin dibanding kita ketemu preman berbadan gemuk, berTATTO,  tu hal yang biasa ! , tapi low kita patah hati ahhhhh…….. TIDAK dech sakitnya bisa berbulan bulan sampai bertahun-tahun .

So… diartikel ini penulis akan kasih kalian obat Patah Hati, karna penulis juga pernah ngrasain itu semua, hal yang pertama bakal kalian lakuin tu hindari lagu cengeng, karna dalam lagu cengeng itu punya unsure mengingat hal-hal yang pernah kalian lakuin dengan pacar kalian waktu dulu, jadi hindari aja, mungkin bisa dengan mendelete semua lagu-lagu cengeng di hp, computer,laptop atau sejenisnya, trus ganti dech dengan lagu-lagu yang rock n roll, reaggae, atau ROCK contoh Superman is Dead, linkin park atau sejenisnya, itu semua lagu yang bisa bikin kalian berEKSPRESI dan bisa membuat lupa dengan masalah.

Yang kedua cari kegiatan dengan teman-teman, seperti nongkrong, ngemil bareng sambil cerita-cerita gokil yang tentunya bikin kalian tu ketawa ngekek^_^, haaaaaa trus nonton yang ceritanya lucu-lucu/komedi.

Yang ketiga hindari nonton film horror atau drama, drama korea banyumas atau asia atau juga Indonesia , karna menurut penulis film drama itu isinya cengen, percintaan , tontonlah yang berbau komedi jangan yang berPO*rn2 ya karna bedosa kna pasal lagi heeeeeee

Yang keempat kalau kalian mau , ini yang paling penulis utamakn dan ini juga salah satu favorit penulis dalam mengatasi PATAH HATI, yaitu ………………………………………………………………………………………………….’kita datengin TPA, eitzzz bukan taman baca al-quran, tapi tempat pembuangan akhir, hhhmmmm knp itu? Karna itu salah satu tempat terjijik didunia, caranya ; kita pandangin sampah-sampah itu kita anggep aja sampah itu orang yang paling kalian benci, yah… moga aja dengan kejijian itu kalian bisa lupa, penulis aja bisa masa kalian g ?  ^_^

Yang kelima datengin pengajian pengajian yang berwawasan, bukan pengajian NII , so… kalian harus pilih-pilih kalau mau ngaji, mbok-mbokan jadi ikutan NII yang tadinya mau ngilangin patah hati malh jadi patah tali dengan Indonesia haaaaaaa, ikutilah pengajian yang mungkin bisa buat hati kalian tenang !.

Yang keenam berdoalah sebelum melakukan itu semua , karna berusaha kalau tidak berdoa tu sama aja boonk, begitu juga kebalikanya,  jadi itu semua Cuma tips atau trick,  dalam KBM bahasa Indonesia “kata babeh EKO “,  apalin tricknya pasti bisa” jadi mulailah dengan berdoa trus jalankan tipsnya.

Mungkin penulis hanya ini yang bisa sampaikan untuk konsultasi silahkan add fb penulis ajarras_japul@yahoo.co.id, ckckckckckckck, ingat semua yang kalau anda ingin berubah pastikan anda yakin terlebih dahulu, dan optimis karna alloh tau itu dan pasti Alloh akan membantunya…, Salam sejahtera buat keluarga MAN Sumpiuh.

Penulis : Ma’ful W_XII IPS 2

Membalas Kebaikan Dan Mengucapkan Terimakasih



 Termasuk bagian dari akhlak dari seseorang muslim sejati, adalah membalas kebaikan yang di terimanya, berterimakasih kepada orang yang menolongnya, dan jangan mengingkari persahabatan, sebab yang demikian itu merupakan amalan Rasulullah SAW, seperti beliau :
 “Barang siapa yang diperlakukan dengan baik oleh seseorang, maka ia hendaklah membalas kebaikan itu sebanding dengan apa yang diterimanya” (H.R Abu Daud dan Tirmidzi).

Didalam hadits yang lain :
“Siapa yang meminta pertolongan kepad Allah, maka hendaklah kalian tolong dia, dan siapa yang datang kepada kalian dengan berbuat kebaikan, maka hendakla kalian membalas kebaikannya secara seimbang” (H.R Abu Daud, Nasai dan Ahmad).

Islam, melalui Nabi yang mulia, memerintahkan kepada umatnya untuk mengucapakn teimakasih kepada orang yang telah berbuat baik kepada kita. Hal ini akan membawa manfaat sangat besar, karena dapat mendatangkan rasa kasih sayang terhadap sesamanya.
Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya sesyukur-syukurnya manusia kepada Allah SWT, tergantung dari syukur mereka itu kepada manusia” (HR Ahmad dan Thabrani).

Seseorang muslim tidak cukup dengan hanya bersyukur kepada Allah SWT saja, tetapi dia juga harus bersyukur kepada sesamanya, yaitu dengan cara berbuat baik, saling tolong menolong sehingga tecipta kedamaian dan ketentraman. Allah tidak akan menerima syukur hamba-hamba-Nya pada-Nya, jika rasa syukur itu tidak dibarengi dengan rasa syukur terhadap manusia yang telah berbuat baik padanya.
Rasulullah SAW bersabda:
“Tidaklah seseorang itu bersyukur kepada Allah, jika ia tidak bersyukur kepada sesama manusia” (HR Bukhari).

Sikap yang selalu bersyukur itu adalah sikap terpuji, yang dapat mendorong pelakunya untuk berbuat baik. Dapat merangsang timbulnya rasa kasih sayang terhadap sesama manusia, dan membuka hati mereka menuju cinta. Hal seperti inilah yang menjadi misi dan sasaran islam, yaitu menyatukan setiap hati pemeluknya.

ACARA PERPISAHAN DAN PENGUMUMAN KELULUSAN




Acara ini diisi oleh berbagai macam hiburan musik, tari, drama, dll. Setelah acara hiburan selesai, dilanjutkan acara inti diantaranya sambutan-sambutan oleh Bapak Muslimin Winoto, M.Pd.I.  selaku kepala MAN Sumpiuh, yang kedua sambutan oleh perwakilan wali murid dan sambutan oleh komite MAN Sumpiuh.

Sekitar pukul 12.30 para wali murid diperkenankan memasuki kelas putra-putrinya untuk menerima pengumuman kelulusan. Detik demi  detikpun terlewati menunggu keputusan kelulusan dengan perasaan cemas, khawatir tak menentu, dan akhirnya dengan usaha serta upaya yang telah mereka lakukan selama ini membuahkan hasil yang memuaskan yaitu siswa-siswi MAN Sumpiuh kelas XII dinyatakan lulus 100%. "Saya berharap seluruh siswa yang telah lulus berguna bagi Agama, Nusa, dan Bangsa serta mereka tidak akan melupakan MA Negeri Sumpiuh dan  selalu menjaga nama baik MA Negeri Sumpiuh" Tutur beliau Bapak Muslimin Winoto, M.Pd.I. selaku kepala MA Negeri Sumpiuh.

CONGRATULATION FOR ALL MY SENIOR STUDENT MA NEGERI SUMPIUH

masih banyak foto yang lain yang belum dimuat
habis babeh eko dah ngantuk .....
Tunggu aja besok tek muat lagi

ACARA PERPISAHAN DAN PENGUMUMAN KELULUSAN

|


Acara ini diisi oleh berbagai macam hiburan musik, tari, drama, dll. Setelah acara hiburan selesai, dilanjutkan acara inti diantaranya sambutan-sambutan oleh Bapak Muslimin Winoto, M.Pd.I.  selaku kepala MAN Sumpiuh, yang kedua sambutan oleh perwakilan wali murid dan sambutan oleh komite MAN Sumpiuh.

Sekitar pukul 12.30 para wali murid diperkenankan memasuki kelas putra-putrinya untuk menerima pengumuman kelulusan. Detik demi  detikpun terlewati menunggu keputusan kelulusan dengan perasaan cemas, khawatir tak menentu, dan akhirnya dengan usaha serta upaya yang telah mereka lakukan selama ini membuahkan hasil yang memuaskan yaitu siswa-siswi MAN Sumpiuh kelas XII dinyatakan lulus 100%. "Saya berharap seluruh siswa yang telah lulus berguna bagi Agama, Nusa, dan Bangsa serta mereka tidak akan melupakan MA Negeri Sumpiuh dan  selalu menjaga nama baik MA Negeri Sumpiuh" Tutur beliau Bapak Muslimin Winoto, M.Pd.I. selaku kepala MA Negeri Sumpiuh.

CONGRATULATION FOR ALL MY SENIOR STUDENT MA NEGERI SUMPIUH

masih banyak foto yang lain yang belum dimuat
habis babeh eko dah ngantuk .....
Tunggu aja besok tek muat lagi

Kamis, 12 Mei 2011

Tips-tips meningkatkan motivasi belajar

 


 Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu, agar diri kita atau siapa pun juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapat termotivasi.

Yuk, ikuti tips-tips berikut untuk meningkatkan motivasi belajar kita: 

Bergaullah dengan orang-orang yang senang belajar
Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar.
 Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah presrasi.
Kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita. Seperti halnya analogi orang yang berteman dengan tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita pun turut terciprat bau bakaran besi, dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita pun akan terciprat harumnya minyak wangi.

Belajar apapun
Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain lain-lainnya.
Belajar dari internet
Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Salah satu milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri. Sebagai contoh, jika ingin termotivasi untuk belajar bahasa Inggris, kita bisa masuk ke milis Free-English-Course@yahoogroups.com
Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif
Di dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah merudung. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, dan sebaliknya.

Cari motivator
Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: teman, pacar, ataupun guru. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahakan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi.

"Resep sukses: Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap."
                                                                                                                     sumber: asianbran.com
                                                                                                                     

Kelebihan Al-Qur’an Dibandingkan Kitab Suci Yang Lain

Sesuatu yang menjadi penyempurna pasti memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan yang di sempurnakan. Apabila tidak memiliki kelebihan, sesuatu itu tidaklah pantas disebut sebagai penyempurna. Al-qur’an dikatakan sebagai kitab penyempurna karena memiliki kelebihan dari kitab-kitab suci sebelumnya. Selama 14 abad lebih, kitab suci al-qur’an tidak mengalami perubahan sedikitpun, baik tulisan maupun isi kandungannya.Keadaan seperti ini akan terus berlangsung sampai akhir kehidupan dunia ini. Keaslian al-qur’an seperti ini diakuioleh para sejarawan, baik muslim maupun non muslim.
Dalam bidang ibadah, Al-qur’an antara lain menjelaskan sholat, zakat, puasa, dan haji. Ke 4 macam ibadah tersebut dinamakan ibadah mahdah, yakni ibadah yang sudah ada aturannya secara rinci dalam agama.
Dalam bidang akidah,alqur’an telah menegaskan bahwa satu-satunya sembahan manusia yang hak adalah Allah SWT. Pengakuan adanya sembahan selain Allah SWT dinyatakan syirik.
Dalam bidang mu’amalah, Al-qur’an menegaskan bahwa gotong-royong yang dibenarkan dalam islam adalah gotong-royong dalam hal kebaikan dan ketaqwaan, bukan dalam dosa dan permusuhan.

Dalam bidang akhlak karimah , Al-qur’an memberi bimbingan kepada manusia agar memiliki akhlak karima. Al-qur’an menjelaskan bahwa akhlak karimah meliputi hubungan dengan sesame manusia dan dengan Allah SWT sebagai pencipta. Dalam bidang hukum, Al-qur’an mengakui dan menghargai hak setiap manusia. Hak seseorang dapat di peroleh apabila hukum di tegakkan. Sebagian orang menilai bahwa hukum islam sadis dan tidak mengenal keprimanusiaan. Orang yang menganggap bahwa hokum islam itu sadis adalah orang yang tidak mau berpikir jernih. Sekiranya mau berpikir cermat, niscaya mereka mengakui bahwa ketetapan hukum islam itu baik dan tidak sadis. Dengan adanya hukuman yang cukup berat, seseorang tidak berani melanggar hak-hak orang lain.
Al qur’an diturunkan dalam bahasa arab, tetapi sangat berbeda dengan bahasa arab pada umumnya. Bahasa arab terkenal memiliki kemampuan bersyair sejak zaman dahulu. Mereka sering mengadakan lomba membaca syair pada pasar ukaz. Meskipun demikian, tidak satupun penyair yang mampu menandingi bahasa Al-qur’an. Setiap kali orang kafir Quraisy mengutus pemuda yang ahli bersyair untuk berdialog dengan Rosulullah SAW pasti mengalami kegagalan bahkan mereka merasa kagum. Bahasa Al-qur’an mempunyai nilai sastra yang tinggi sehingga Nabi Muhammad SAW sendiri tidak sanggup menandinginya. Keindahan gaya bahasa Al-qur’an hanya dapat dirasaka oleh orang yang paham terhadap sastra arab. Pada masa pemerintahan khalifah Abu Bakar as-siddiq, muncul beberapa orang murtad dan mengaku sebagai nabi. Mereka mencoba untuk membuat tandingan terhadap Al-qur’an, tetapi tandingan yang mereka buat tidak ada nilainya sama sekali.
Kitab-kitab suci sebelum Al qur’an berlaku sementara dan hanya untuk umat tertentu. Al-qur’an berlaku untuk sela-lamanya dan untuk semau manusia. Oleh sebab itu, kitab suci sebelum Al qur’an dikatakan temporer dan local. Sedangkan Al-qur’an dikatakan abadi dan universal.




Situs Carangandul terletak di Desa tamansari , Kecamatan Karanglewas, dengan posisi di sebelah selatan dari ibukota Kecamatan Karanglewas + Km 3, dan dari kota Purwokerto + Km 7. Kondisi jalan menuju situs baik dan sudah di aspal + meter 50 jalan berbatu. Lingkungan sekitar kanan kiri situs berupa perkebunan milik masyarakat. Situs tersebut terhampar pada lahan selua 120 meter persegi

Peninggalan yang terdapat di situs Carangandul berupa patung potongan kepala manusia yang berukuran raksasa, yang menurut mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa patung potongan kepala manusia tersebut adalah potongan kepala patih Kadipaten Pasir Puhur pada abad -15 yang dipenggal oleh tentara dari Demak, yang akhirnya berupa jadi sebuah batu yang menyerupai kepala manusia.

Konon ceritanya Patih Carangandul seorang patih yang sakti mandraguna dan memiliki aji Pancasona jika perang melawan musuh sekalipun dipenggal jika kepala masih berdekatan dengan tubuhnya, maka patih Carangandul tak lama kemudian antara kepala dan tubuhnya menyatu lagi, dan akhirnya hidup kembali.

Setelah tentara Demak mengetahui bahwa Patih Carangandul memiliki Aji Pancasona, maka setelah kepala Patih Carangandul dipenggal, maka antara kepala dan tubuhnya dipisahkan ditempat yang berbeda dan berjauhan. Setelah antara tubuh dan kepala diletakkan ditempat yang berjauhan barulah Patih Carangandul bisa dikalahkan oleh tentara Demak, dan akhinya bisa meninggal dunia untuk selamanya.

Karena kesaktiannya, kini kepala dan otak patih Carangandul telah berubah menjadi sebuah batu yang menyerupai potongan kepala dan otak yang tergeletak terbalik kepala dibawah lehernya diatas.

Setelah Kadipaten Pasir Luhur berhasil di Islamkan oleh tokoh agama dari Kerajaan Demak yaitu Syech Makdum Wali, Pangeran Mangkubumi yang saat itu berkuasa di Pasir Luhur dengan bantuan pasukan Demak berusaha mengIslamkan wilayah wilayah yang menjadi kekuasaannya. Semua wilayah dalam kekuasaan Kadipaten Pasir Luhur akhirnya berhasil di Islamkan. ( ditulis kembali Oleh Karsono. Ama. Pada Pamong Budaya Kepurbakalaan Dinbudpar Kab. Banyumas)


kiriman dari Asror Sa'bani 19 Januari jam 5:30
Sumber Berita : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas Hit : 108